Jenis-jenis Hosting

Ketahui Jenis - Jenis Hosting Sebelum Membelinya

Sebelumnya saya sudah pernah membahas tentang Apa itu Hosting? Pengertian,Fungsi dan Jenis Web Hosting ,disana saya-menjelaskan sedikit jenis-jenis hosting yang sering digunakan untuk membuat web. Oleh karena itu sekarang saya  akan membahas jenis-jenis hosting secara lengkap.

Ketika anda baru mencoba membuat web atau blog anda pasti bingung untuk memilih hosting seperti apa yang dibutuhkan,atau jenis hosting apa yang terbaik untuk digunakan. Tentunya anda tidak mau salah pilih bukan? berikut ini jenis-jenis hosting yang harus anda tahu sebelum membelinya.

Jenis - Jenis Hosting yang perlu diketahui

Mungkin biasanya anda sering mendengar istilah Shared Hosting,VPS atau Dedicated Server,namun sebenarnya ada berbagai macam web hosting yang ada. Dibawah ini daftar macam-macam dari hosting yang biasa digunakan di berbagai negar oleh para web developer dan blogger :

1. Shared Hosting

Pertama adalah Shared Hosting,ini merupakan salah satu jenis web hosting yang paling banyak digunakan oleh pemula ataupun profesional ketika mereka membuat website dan blog. Hal ini karena harganya yang jauh lebih murah dibanding layanan hosting lainnya sehingga mudah ditemukan registar atau penyedia layanan shared host.

Kenapa harga sewa Shared Hosting lebih murah dibanding VPS,Dedicated Server atau jenis hosting lain?
Simpelnya seperti ini,ibarat sebuah tempat tinggal... Shared Host adalah kamar kost yang ada di dalam satu rumah besar. Dimana setiap penghuni hanya membayar biaya sewa satu kamar yang dia tinggali saja tidak perlu membayar sewa untuk satu rumah yang besar,dan karena di rumah besar tersebut ada banyak kamar maka kamu akan tinggal di rumah tersebut dengan banyak orang.

Jadi Shared Host bisa murah karena terbuat dari Satu Web Server yang besar dan sudah dibagi-bagi sedemikian rupa kapasitasnya sehingga bisa digunakan untuk saling berbagi sumber daya dengan/antar web yang ada di server tersebut.

2. Cloud Hosting

Cloud Hosting atau Cloud Awan adalah sebuah teknologi host terbaru dimana sistem kerjanya menggunakan sistem Komputasi Awan yang memiliki konektivitas lebih stabil dan memiliki uptime yang bagus.

Hal ini karena hosting jenis Cloud ini dibuat dengan sistem Cloud Server,yaitu sebuah Server yang terdiri dari banyak Web Server dan saling berbagi sumber daya sesuai kebutuhan yang dialokiaskan untuk menjaga Website tetap online. Atau biasa disebut dengan istilah " Divide and Rule "

Dengan menggunakan Cloud Hosting memungkinkan web anda memiliki waktu uptime yang bagus,dan ketika web mulai kekurangan bandwidth server lain akan langsung membantu dengan membagi sumber dayanya sehingga website tidak mengalami downtime.

Selain memiliki kestabilan yang bagus,Cloud Hosting juga memiliki kecepatan loading yang cepat dan ringan. Semua kelebihan tersebut karena Cloud Server terdiri dari banyak web server yang saling bekerja sama dan saling berbagi sumber daya. Bahkan di banding dengan Dedicated Server,Cloud Hosting mempunyai waktu uptime yang lebih baik karena Dedicated Server hanya menggunakan 1 server.

Satu-satunya kekurangan yang dimiliki hanyalah harga yang jauh lebih mahal di banding Share Host atau yang lainnya.

3. Wordpress Hosting

Nah selanjutnya adalah Wordpress Hosting,yaitu sebuah Server Host yang dibangun khusus untuk mengoptimalkan penggunaan Wordrpess sebagai platform/CMS pembuatan Website.

Hal ini karena mudahnya penggunaan Wordpress bagi para pemula,seperti yang kita tahu bahwa di Indonesia sendiri sudah banyak UMKM yang mulai menggunakan website sebagai media promosi dan pengembangan bisnis mereka. Sebagai pelaku usaha yang terpenting tentu kemudahan penggunaan website agar membantu penjualan,oleh karena itu banyak Developer yang memilih Wordpress sebagai platform atau CMS web karena mudah digunakan dan dipahami oleh pemula.

Begitu juga di belahan dunia lain,alasan-alasan yang kurang lebih sama seperti di atas membuat semakin banyak orang yang menggunakan Wordpress dan membuatnya menjadi populer. Akhirnya mulailah hadir Hosting yang dibangun dengan fitur-fitur khusus untuk mengoptimalkan kinerja website berbasis Wordpress.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Wordpress Hosting biasanya sebagai berikut :
  1. Setup Tools atau Control Panel Khusus
  2. Instalasi dan Setting Wordpress yang Lebih Mudah
  3. Auto-update atau Update otomatis mulai dari Wordpress itu sendiri,engine,plugin hingga Theme yang digunakan
  4. Auto-backup Wordpress secara Harian atau Mingguan
  5. Sistem Keamanan yang dioptimalkan untuk Wordpress agar Keamanan Situs lebih Terjamin
  6. Pengaturan Caching Khusus untuk mengoptimalkan Situs
  7. Beberapa hosting juga menyediakan Free SSL dan CDN
  8. Pengaturan Server dan Database yang dioptimalkan untuk Wordpress
  9. Dukungan/Support Service dari Ahli Khusus mengenai Wordpress
Tentunya fitur-fitur yang diberikan sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan kinerja website/blog anda yang menggunakan Wordpress. Beberapa provider hosting ada yang memberikan promo atau harga khusus sehingga biaya sewa tidak terlalu mahal atau tidak terlalu beda dengan shared hosting,namun ada juga beberapa registar yang memberikan harga hampir setara VPS. Dimana semua itu sudah ditentukan berdasarkan kualitas fitur-fiturnya.

4. VPS (Virtual Private Server)

Virual Private Server atau VPS biasa dikenal juga degan sebutan Server Maya Terdedikasi adalah sebuah Server Virtual Pribadi yang resource nya bisa digunakan secara penuh oleh satu orang tanpa harus berbagai sumber daya dengan orang lain. Disebut visual karena dalam pembuatannya menggunakan bantuan software untuk mengatur satu komputer server agar bisa dibagi menjadi beberapa Resource VPS dan masing-masing VPS tersebut resourcenye bisa digunakan secara penuh oleh penggunanya.

Berbeda dengan Shared Host,dimana sebuah website harus berbagi resource dengan banyak web lain dalam satu web server. Untuk VPS anda benar-benar menikmati resource secara penuh dari satu VPS untuk anda.

Bila di ibaratkan Komputer Serveryang digunakan untuk membuat VPS Hosting  merupakan Perumahan Luas,lalu tanahnya dibagi-bagi sedemikian rupa untuk bisa dibangun banyak rumah. Dan masing-masing pengguna bisa menikmati,menggunakan,memodifikasi/renovasi Setiap rumah yang di sewa secara menyeluruh.

Jadi dengan menggunakan VPS Hosting kamu benar-benar bisa menggunakan seluruh resource yang sudah kamu sewa baik dari storage,bandwidth,I/O,EP dan berbagai fitur lainnya sesuai paket yang anda beli,dan juga anda bebas mengatur VPS tersebut agar sesuai dengan kebutuhan website anda. Mulai dari Sitem Operasi,Fitur Caching,Software dan Program pendukung lain untuk mengoptimalkan kinerja server web anda.

5. Dedicated Server

Dedicated Server Hosting adalah sebuah Hosting dengan resource besar yang dikhususkan untuk digunakan oleh satu pengguna tunggal. Jadi anda benar-benar diberi satu komputer server khusus untuk digunakan oleh anda.

Dengan Dedicated Server anda bukan hanya bisa menggunakannya untuk host website tapi juga bisa membagi resourcenya menjadi beberapa VPS atau Shared Host. Dedicated Server sangat cocok untuk web-web yang sudah memiliki lalu lintas data yang besar atau bagi anda yang ingin memiliki server sendiri namun tidak perlu memiliki,mengurus atau membeli komputer fisik sendiri.

Anda juga bisa menggunakan Dedicated Server untuk membuat VPS atau Shared Hosting sendiri dan menyewakannya ke klien. Hanya saja biasa sewa untuk Dedicated Server sangat tinggi dibanding VPS,hal ini berkaitan dengan Spefikasi Server mulai dari Storage,RAM atau resource lainnya yang lebih besar dibanding jenis hosting lainnya.

Selain spesifikasi hardware,dari segi software seperti Sistem Operasi,Software dan Program yang digunakan untuk menjalankan server juga bisa menjadi faktor yang menambah biaya sewa Dedicated Server Hosting.

Penutup

Itulah 5 Macam Jenis Hosting yang sering digunakan untuk membuat website oleh web developer ataupun seorang blogger. Sebenarnya ada berbagai jenis hosting yang sering digunakan,dan mungkin memiliki nama atau istilah yang berbeda,namun untuk Shared Hosting,Cloud,Wordpress,VPS dan Dedicated Server yang sudah saya sebutkan dan jelaskan tadi merupakan macam-macam hosting yang biasa digunakan di berbagai negara.

0 Response to "Jenis-jenis Hosting"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel