Apa itu Hosting, Pengertian, Fungsi dan jenis Web Hosting


Apa itu Hosting?

Ketika berbicara hal-hal seputar,website,internet,blog atau server komputer pasti anda pernah mendengar dengan istilah Hosting. Namun sudah tahukah anda dengan apa itu hosting?
Pengertian Hosting

Hosting (dikenal juga sebagai Web Hosting,Sewa Hosting) adalah tempat untuk menyimpan data-data atau file berupa text,gambar,audio dan video untuk sebuah website ataupun untuk membangun website itu sendiri. Dimana dalam proses pembuatan website,hosting juga akan menyimpan data penting seperti alamat email,script coding,CMS web,database dan berbagi program penting lainnya.

Atau secara simpelnya Hosting bisa di ibaratkan sebagai kontrakan rumah atau apartement,dimana kita akan menyewa tempat dengan bayaran pertahun untuk dijadikan tempat tinggal. Sehingga kita tidak perlu membangun rumah sendiri dengan biaya yang besar dan berbagai kesulitan lainnya. Selain itu kita juga mudah dalam perawatan karena akan tetap di bantu oleh pemilik layanan,jadi kita hanya perlu mengisi perlengkapan seperti kasur,lemari,televisi,perlengkapan dapur dll untuk benar-benar menjadikan kontarakan rumah atau apartement tersebut sebagai tempat tinggal.

Jadi dengan Hosting kita tidak perlu membuat server sendiri untuk memiliki sebuah website,kita hanya perlu menyewa layanan hosting dengan pembayaran pertahun. Lalu kita mulai bisa menggunakan hosting tersebut untuk membangun website yang kita inginkan,dan selain itu bila ada masalah di dalam server kita bisa meminta pertolongan pada penyedia layanan untuk membantu memperbaikinya.

a. Fungsi Hosting

Secara penggunaannya,hosting memiliki 2 fungsi utama yaitu :

Menyimpan Data

Secara garis besar,fungsi sebuah hosting adalah untuk menyimpan data,entah itu berupa file,folder,text,gambar,video,audio atau jenis file lainnya. Dimana dengan menggunakan hosting anda bisa menyimpan data secara online dan bisa mengaksesnya kapanpun dan dimanapun yang anda mau.

Membuat Website

Tentu saja,sebagian besar orang membeli layanan hosting adalah untuk membuat website. Jadi nantinya hosting akan menyimpan seluruh file yang digunakan dalam pembuatan web sehingga situs bisa online dan diakses melalui internet.

b. Jenis - Jenis Hosting

Sebelum kamu menggunakan Layanan Sewa Hosting ada bainya untuk mengetahui jenis-jenis hosting yang ada. Hal ini berkaitan dengan memudahkan anda untuk memilih mana jenis hosting yang cocok untuk web yang akan anda buat,sebenarnya ada banyak jenis server hosting namun ada 3 jenis yang banyak digunakan dan cocok untuk pemula.

Berikut ini 3 Jenis web hosting yang cocok untuk pemula :

- Shared Hosting

Apa itu Shared Hosting? Shared Hosting adalah layanan penyewaan hosting dimana di dalamnya kamu berbagi sumber daya dari server yang besar dengan web-web lainnya. Sehingga bisa mendapat biaya sewa yang lebih murah.

Atau mudahnya,Shared Hosting ibarat sebuah rumah besar yang terdiri dari banyak kamar. Jika anda menyewa rumah besar tersebut tentu akan sangat mahal,oleh karena itu anda hanya memilih untuk "ngekost" dalam salah satu kamar di rumah tersebut bersama orang-orang lain yang juga "ngekost" di dalamnya. Sehingga anda hanya perlu membayar biaya sewa untuk 1 (satu) kamar.

- Cloud Hosting

Apa itu Cloud Hosting? Cloud Hosting merupakan jaringan atau jenis teknologi baru yang menggunakan metode komputasi awan,yaitu sebuah server yang terdiri dari banyak sumber daya server berbeda diberbagar tempat. Sehingga memiliki koneksi yang lebih cepat,stabil dan aman. Hal ini karena setiap file yang ada akan diakses melalui sumber server terdekat dari pengakses,selain itu bila salah satu server sedang down,tumbang atau mengalami masalah dan kendala lainnya yang membuat tidak bisa di akses. Website akan tetap bisa online dan tidak mengalami Down Time.

Secara harga memang lebih tinggi dibanding layanan Shared Host biasa,namun bila anda mengutamakan kenyamanan dan keamanan. Maka menggunakan Cloud Hosting sebagai server web anda adalah pilihan yang terbaik.

- Wordpress Hosting

Apa itu Wordpress Hosting? Wordpress Hosting adalah layanan sewa hosting dimana servernya dibangun berjalan lebih optimal saat menggunakan CMS Wordpress sebagai platform untuk membuat dan menjalankan Website.

Seperti yang kalian tahu,bahwa Wordpress kini sudah menjadi salah satu platform yang banyak digunakan orang saat membuat website. Dan dengan populernya penggunaan Wordpress maka mulai hadirlah paket-paket hosting yang dibangun dengan fitur-fitur untuk lebih mengoptimalkan penggunaan Wordpress.

Cara Memilih Hosting

Ketika anda mau membeli hosting untuk pertama kali tentunya anda tidak mau salah pilih bukan? oleh karena itu.. berikut ini poin-poin yang harus anda perhatikan saat memilih hosting :

 Perhatikan Harga

Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah,pastikan bahwa penjual merupakan penyedia hosting yang aman,bukan penipu. Usahakn untuk membeli hosting hanya dari registar terkenal saja. Selain itu pastikan spesifikasi hosting sesuai denga kebutuhan anda.

Diskspace

Nah selanjutnya tentang Diskspace yang ditawarkan dalam paket hosting. Pastikan storage penyimpanan yang ada sesuai dengan kebutuhan anda nantinya. Jangan sampai anda tergiur dengan harga murah namun ternyata penyimpanannya tidak cukup atau kurang.

Jenis Storage Device/Media Penyimpanan

Selain itu,untuk mengoptimalkan kecepatan loading website ada baiknya anda mencari hosting yang sudah menggunakan SSD. Hal ini karena SSD jauh lebih cepat daripada Harddisk,sehingga bila anda mau loading web lebih optimal dan cepat tidak ada salahnya untuk coba menggunakan SSD.

Namun bila budget belum cukup untuk menyewa hosting yang sudah menggunakan SSD,anda juga tetap bisa menggunakan hosting biasa yang masih menggunakan HDD/Harddisk.

RAM

Saya yakin kalian sudah tahu dengan fungsi RAM bukan? salah satu faktor yang harus di perhatikan saat memilih hosting selain Diskpace dan Jenis Storage. RAM atau Random Access Memory juag perlu untuk diperhatikan. Karena RAM juga akan berpengaruh pada kecepatan loading web saat diakses oleh pengunjung.

Bandwidth

Pastikan juga anda memperhatikan kapasitas bandwidth yang di tawarkan,semakin besar kapasitasnya maka semakin lancar dan cepat suatu website untuk diakses. Selain itu juga,web/blog bisa menampung lebih banyak pengunjung. Karena fungsi utama bandwidth untuk mentransfer data dalam bentuk apapun yang bekerja di dalam server ketika website sedang di kunjungi atau ada aktivitas di dalamnya.


EP atau Entry Process

Entry Process atau biasa disingkat EP merupakan tolak ukur untuk menghitung jumlah/banyak sedikitnya sebuah script yang diproses oleh web hosting dalam satu waktu,dimana dalam sebuah situs web pasti mengandung berbagai jenis script untuk menjalankan fitur-fitur di dalamnya. Semakin besar kemampuan EP dalam suatu hosting maka semakin lancar kinerja web di dalamnya.


I/O atau Input Output

Nah yang terakhir adalah tentang Input Output atau biasa disebut I/O ,terkadang pemula kurang memperhatikan fakor yang satu ini,padahal I/O sendiri memiliki fungsi yang cukup penting yaitu menentukan cepat lambatnya proses upload dan download data. Semakin besar kapasitas I/O yang dimiliki suatu hosting makan semakin bagus dan cepat kinerja atau proses upload dan download data suatu web.
  

Penutup

Itulah pembahasan kali ini tentang Apa itu Hosting? Pengertian,Fungsi dan Jenis Web Hosting. Memahami dengan betul pengertian hosting,jenis-jenis hosting,fungsi hosting dan cara memilih hosting yang benar tentu harus di pahami khususnya bagi para pemula. Karena membuat sebuah web yang sukses harus di mulai dengan pemilih hosting yang tepat. Sekian pembahasan mengenai Web Hosting,terimakasih.

0 Response to "Apa itu Hosting, Pengertian, Fungsi dan jenis Web Hosting"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel